Searching...
Selasa, 29 Juli 2014

4 Alasan Pentingnya Memiliki Akun Media Sosial Profesional



Gaya Hidup – Punya akun di sejumlah social media seperti facebook, twitter, path, sampai instagram?

Bagaimana dengan social media profesional, seperti LinkedIn? Situs jejaring profesional ini cukup penting untuk dimiliki para pekerja karena dapat membantu mengembangkan karir Anda. Menemukan lowongan pekerjaan, artikel terkait karir, maupun profesional lain pun bisa lebih mudah. Inilah empat manfaat lainnya yang bisa Anda temukan dengan memiliki akun social media profesional, seperti dikutip dari BBC:

1. Profesionalitas
Bagi seseorang yang telah memiliki jabatan tinggi, aktif dalam media sosial seperti twitter, LinkedIn, atau blog merupakan sebuah hal yang cukup penting. Seorang pelatih eksekutif bernama Irene McConnell mengatakan sebaiknya seorang profesional memiliki perwakilan diri di media online sehingga ia dapat terlihat sebagai pemimpin yang baik, bersemangat dalam pekerjaannya, serta mampu menginspirasi sesama. Pastikan pula agar akun di-update secara berkala agar informasi seputar karier atau pekerjaan terbaru Anda bisa diketahui sesama pekerja profesional.

2. Menarik Pencari Karyawan
Bagi orang yang sedang mencari kerja, meng-update akun dengan konten yang menarik dan terkait dengan bidang yang ingin digeluti bisa membuat pihak HRD lebih tertarik untuk memilih. Hal tersebut dikarenakan ketertarikan dan kreativitas seorang pelamar terhadap pekerjaan yang diinginkan terlihat dalam media sosialnya. Pastikan konten selalu positif dan terhindar dari unsur SARA.

3. Lebih Efisien Mencari Lowongan Kerja
Di era ini, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang tidak diiklankan bisa menjadi lebih mudah dengan memiliki akun di media sosial profesional. Biasanya orang dengan profil dimana ia terlihat ahli dan berpengalaman adalah yang kerap terpilih. Tidak mempunyai akun media sosial yang menarik juga bisa membuat Anda lebih susah mendapat pekerjaan karena sulit ditemukan oleh pihak HRD. McConnell menyatakan bahwa sekarang media sosial memiliki peranan yang lebih penting dari sekadar resume. Anda bisa dianggap tidak eksis jika tidak bisa ditemukan secara online.

4. Solusi Pengganti
Jika Anda melihat bahwa peran media sosial ini tidak begitu penting dan memutuskan untuk tidak begitu aktif di dalamnya, Anda harus lebih proaktif di dunia nyata. Banyak-banyak lah melakukan kegiatan positif yang membuat Anda bisa lebih ‘dilihat’ pihak perusahaan. Menjadi seorang voluntir, mengikuti kelas pelatihan, dan minta diperkenalkan pada orang-orang yang bisa membantu mendapatkan kerja adalah beberapa trik yang bisa dilakukan. Jangan lupa pula untuk membuat CV yang benar-benar menarik agar kesempatan terpilih menjadi lebih besar.

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!