Henry Gunawan

Berbagi untuk bersama

Advertisement

Post Page Advertisement [Top]




Dengan semakin berkembangnya dunia gaming, maka semakin berkembang pula segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan gaming mulai dari cara interaksi antar orang yang saat ini biasa dilakukan ketika bermain game dan dampak dari bermain game yang berlebihan. Dampak dari gaming lainnya juga dapat membuat seseorang lupa akan waktu dan dapat menimbulkan efek yang negatif baik bagi gamer itu sendiri maupun lingkungan disekitarnya. Mengingat sudah banyak gamer yang cenderung memiliki perilaku negatif karena kurangnya kemampuan untuk mengontrol diri dan mengatur waktu dengan baik, maka beberapa hal yang akan diulas berikut ini akan sangat berguna bagi kalian terutama yang mengaku seorang gamer sejati namun ternyata masih melakukan kebiasaan buruk sebagai gamer seperti yang disebutkan berikut ini.

Mengalami Kecanduan Kopi

Hal pertama yang mungkin akan terjadi ketika kalian bermain game dan sangat menyukai game adalah membuat kalian bermain game secara terus menerus. Bahkan ketika kalian hanya memiliki waktu luang di malam hari, kalian juga akan bermain game sampai larut malam dan menggantungkan kesadaran kalian di malam hari dengan meminum kopi tanpa aturan atau bahkan tanpa mempertimbangkan berapa banyak kopi yang kalian minum. Alasan gamer meminum kopi sendiri ialah untuk terjaga atau tidak mudah mengantuk selama bermain game sampai larut malam. Tentu saja hal ini menjadi salah satu hal burk jika sampai membuat kecanduan kopi. Konsumsi kopi memang memiliki efek positf jika dikonsumsi tidak secara berlebihan, namun jika kalian sudah sampai kecanduan kopi karena game lebih baik hentikan dulu aktivitas bermain game kalian sebelum menjadi lebih parah.

Lupa Waktu

Inilah yang seringkali ditemukan pada beberapa Gamer Indonesia dan bahkan beberapa gamer di Asia yang sering lupa waktu karena terlalu asyik bermain game. Para gamer profesional pun tahu kapan mereka harus beristirahat dan kapan mereka harus berlatih atau menikmati permainan game mereka. Kebiasaan lupa waktu sampai lupa makan dan beristirahat ini bahkan dapat berakibat fatal seperti yang dilaporkan di salah satu media yang ada di Tiongkok beberapa waktu yang lalu, di mana seorang gamer yang lupa akan waktu bahkan sampai membuat meninggal karena berhari-hari bermain game. Selain lupa akan waktu, tak jarang gamer menjadi lupa makan dan beristirahat. Nikmatilah waktu luang kalian untuk bermain game atau bahkan jika kalian berniat untuk menjadi gamer profesional, gunakanlah waktu yang secukupnya dengan tetap mengatur waktu istirahat dan mengatur jadwal kegiatan lainnya yang mungkin masih kalian lakukan sampai saat ini sebagai aktivitas utama selain bermain game.

Melakukan Kecurangan

Hal lainnya yang juga harus kalian ingat sebagai seorang game adalah untuk selalu bermain secara jujur. Di mana saja dan pada kompetisi apapun, permainan yang fair dan jujur selalu harus dijunjung tinggi oleh setiap penyelenggara dan khususnya oleh para gamer. Hal ini pun juga berlaku untuk permainan game terutama pada kompetisi game yang kalian ikuti. Hindari Kebiasaan buruk ini untuk melakukan kecurangan pada permainan atau pertandingan game yang kalian ikuti. Banyak pemain yang melakukan Cheating demi memenangkan pertandingan tertentu. Hal tersebut tentu saja akan merusak nilai-nilai sportifitas dan juga akan membuat game menjadi tidak menarik lagi. Meskipun sudah banyak game yang dilindungi dengan kode-kode algoritma yang memiliki tujuan untuk membuat pemain tidak bisa melakukan cheating, namun masih saja ada beberapa celah yang ditemukan oleh beberapa pamain. Segera hentikan kebiasaan ini dan mulailah bermain secara fair.

 Melakukan Trashtalk dan Terlalu Emosional

Sekali lagi, yang kalian mainkan ini hanyalah sebuah game di mana pasti ada kemenangan dan kekalahan. Bagi para pemenang, artinya kalian sudah memiliki skill yang lebih baik dari pemain lainnya. Sebaliknya bagi setiap pemain yang kalah, berarti kalian masih harus berlatih lebih keras bukannya melakukan Trashtalk ketika kalian harus kalah dalam permainan. Kalian juga tidak perlu bersikap terlalu Emosional karena setelah bermain pun hidup kalian tidak akan berubah menjadi lebih baik karena kalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Henry Gunawan